kpiaku.tk

Link ke Simperti | Simtrue

Dari Redaksi

Tingkatkan KPIAktivitasanmu

Di dunia ini ada orang yang tak mengenal kesedihan

Mereka menikmati film-film ceria tentang burung dan kurcaci

Hidup mereka sangatlah tenang, bahagia, dan jauh dari friksi

Namun ada juga jenis orang yang tahu

Selalu ada misteri yang perlu dipecahkan

Mereka tenggelam dalam pencariannya

hidupnya hanya berkutat dengan segala kegalauan.

Mereka menikmati masa-masa melakukan penyelidikan & mencari bukti

Mereka jenis orang yang selalu tahu pasti ada sesuatu

Sesuatu untuk dibaca, dicipta, dan dikomunikasikan

Walaupun tidak seperti kelihatannya

sungguh dengan alasan itu orang-orang ini sangatlah beruntung

– 4m Unfortunatly Event

Kita orang-orang dengan jurusan sosial ini dituntut kreatif dan proaktif dalam menghadapi hidup. Tidak seperti mereka anak-anak exact, hidup mereka selalu berputar dalam kepastian dan mereka dituntut memastikan kepastian itu, agak sedikit membosankan bukan..?

Biar mereka yang membuat teknologinya dan kita yang akan membuat teknologi itu berarti. Kita menghibur mereka setelah seharian mereka memastikan kepastiannya. Dan untuk itu semua dibutuhkan kreativitas dan keaktifan kita dalam berkarya.

Seperti banyak petuah; semua yang besar dimulai dari sesuatu yang kecil. Dan berdasarkan deskripsi tadi kita mendapati kelas ini… suatu level ruang publik yang cukup kecil bila dibandingkan dengan komunitas lainnya. jangan berharap dapat membawa bangsa ke arah yang lebih baik, mengubah tatanan dunia, ikut serta dalam mewujudkan perdamaian dunia, (waduh..) serta hal-hal besar lainnya tanpa melewati level yang satu ini.

Aktualisasikan diri kalian dalam berbagai kegiatan kelas, sesuai dengan kesukaan kalian. Tetapi tentu saja kelas tidak menyediakan kegiatan tidur siang bersama, bergosip, atau kegiatan tak produktif lainnya, jika kegiatan itu yang kalian sukai. Namun tetap semangat kekeluargaan, fun dan santai akan selalu diusung dalam setiap kegiatan kelas. Karena kami percaya kreatifitas dan ide-ide brilian lainnya hanya muncul dari jiwa-jiwa yang bebas tanpa tekanan.

Sejauh ini ada nonton bareng, wedhus gembel, film maker, dan mungkin kegiatan dengan spesifikasi lainnya bisa muncul dan diadakan sejauh itu yang keluar dari kepala kalian. Sedikit memberi guidence perihal meningkatkan kreatifitasmu, disadur dari berbagi sumber.. inilah yang dapat kami rekomendasikan:

  1. gabung di komunitas

Kamu bisa ikut gabung di NGO (non government organization), emang kebanyakan non-profit; malahan terkadang kita yang ngeluarin duit, tapi reward yang didapat kita bisa mengembangkan ide dengan support sepenuhnya dari organisasi. Gabung dengan teman-teman yang punya satu visi dan misi dengan kamu. Manfaat yang kalian peroleh adalah sebagai sarana menemukan jati diri, melalui program yang ditawarkan organisasi. Tapi inget niat awal kita diorganisasi untuk mengembangkan kreativitas bukan organisasi yang kreatif dalam menekan dan memanfaatkan kita, kalo bisa sama-sama untung-lah simbiosis mutualisme gitu.

  1. bikin event

Yang ini nih yang paling banyak anak muda jaman sekarang lakuin dalam ngembangin ide-ide kreatifitasnya. Pensi misalnya dengan tema yang unik-unik sesuai kreatifitas temen-temen. Atau gak temen-temen bisa bikin EO sendiri untuk ngembangin kreatifitas; partneran sama teman-temen seperjuangan, bilang ke tetangga, sodara, warga, dan seluruh dunia bahwa kita bisa jadi provider untuk acara-acara menarik seperti pameran, seminar, … pesta ultah maybe..(aduh pliss anak sma bgt). Karena dalam menyelenggarakan sebuah event, semua disiplin ilmu baik formal, maupun nonformal akan diuji dalam prakteknya. Saat-saat melobi sponsor, pengisi acara, serta menghadapi birokrasi, menjadi tantangan dan pengalaman tersediri bagi perkembangan kreativitas kita.

Pokok na just do it… n everyone come to see it…

  1. bikin film pendek

Kalo temen-temen punya ide untuk bikin naskah atau sekenario minimal bikin jalur cerita; misalnya tentang hal-hal kecil (it costing money) namun memberi influence yang besar bagi penonton you must do that. Bangsa ini sedang krisis panutan dan teladan, mungkin dari tema-tema orisinal yang teman-teman angkat dapat nilai tersendiri dibenak penonton. Gak perlu muluk-muluk dulu menang di indie movie festival, mungkin motif tuk tetap eksis… dan didengar serta penyaluran syahwat kreativitas… akan memuaskan kita… Sebagai dasar cukuplah menangkan hati penonton, jika mereka welcome terhadap karya kita.. itu merupakan suatu reward tersendiri bagi kita.

  1. bikin band

Ini salah satu juga yang paling familiar banget tuk ngembangin kreatifitas temen-temen, akhir2x ini sudah seperti jamur di musim hujan, sayang kebanyakan jamurnya sejenis (jamur kuping..he..he..). Bikin dengan temen-temen se-geng kayak n seru juga. Tawarkan pada dunia suatu karya yang bisa diterima namun tetap berkarakter. Karena walaupun pasar menghendaki sesuatu yang sama, namun band kalian tidak akan terlihat diantara kumpulan kesamaan tadi jika band kalian masih menggunakan atribut yang sama. Band kalian seharusnya adalah jamur shitake yang akan melesat diantara kumpulan jamur kuping tadi. Band harus punya nilai jual, sesuatu yang melekat, sesuatu sebagai indentifikasi band itu sendiri. Tidak bermaksud mengatakan genre ini bagus, genre itu jelek; namun jadilah penopang dari setiap genre tadi, dengan memnerikan sesuatu yang terbaik. Kembali learning by doing..

  1. ikut audisi

Sedikit benci menulisnya.. tapi ini ada di refrensi to be kreatif yang kami kutip… ternyata ikut audisi bisa mengembangkan kreativitas, apalagi popularitas..he..he.. pokoknya apalah yang proses rekruitmennya ngandelin audisi plus voting sms termasuk dalam hal ini; pemilihan beasiswa, band, penyanyi, model, film, etc… dijamin setelah lulus temen-temen bakal dapat cukup pengalaman. Apalagi kalau temen-temen jadi finalisnya, ilmu dari workshop, n keterampilan ini itu, plus kontrak eksklusif (heh..) telah mengantri didepan mata. Temen-temen bakal makin expert deh.. dibidangnya.

ANAK-ANAK KPI A ANGKATAN 2006 PUBLISH A ANAK KPI A BLOG WWW.KPIAKU.WORDPRESS.COM CONTRIBUTED BY ABDUL ROCHMAN, ANDRI RATIH, FAHDI FAHLEVI, FITRIA RAMADHANI, RICHA MUTMAINAH, AND SOFIAWATI DESIGNER BY KHARISMA DHIMAS SYUHADA EDITED BY KINTAN PANDU JATI AND MUHAMMAD RAGIL INDRATOMO DOCUMENTATED BY AHMAD FAUZI PROMOTED BY FARUK KHALIL GIBRAN

1 Response to ""

[…] Kita orang-orang dengan jurusan sosial ini dituntut kreatif dan proaktif dalam menghadapi hidup. Tidak seperti mereka anak-anak exact, hidup mereka selalu berputar dalam kepastian dan mereka dituntut memastikan kepastian itu, agak sedikit membosankan bukan..? Biar mereka yang membuat teknologinya dan kita yang akan membuat teknologi itu berarti. Kita menghibur mereka setelah seharian mereka memastikan kepastiannya. Dan untuk itu semua dibutuhkan kreativitas dan keaktifan kita dalam berkarya. Selanjutnya>> […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

December 2016
M T W T F S S
« Aug    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Kategori

Top Clicks

  • None

Recent Comments

Blog Stats

  • 19,453 hits
%d bloggers like this: