kpiaku.tk

Artikel lainnya

Artikel Tentang Komunikasi Antar Budaya dan Agama

Pengantar Komunikasi Antar Agama dan Budaya Pendekatan Terhadap Komunikasi Antar Budaya

Cara mengirim Artikel mu

Ingin Artikel mu mejeng disini dan diliat banyak orang..? gimana caranya..? untuk tau jawabannya klik disini

Suatu Pendekatan Terhadap Komunikasi Antarbudaya
Richard E. Porter & Larry A. Samovar

Budaya berkenaan dengan cara manusia hidup. Manusia belajar berpikir, merasa, mempercayai dan mengusahakan apa yang patut menurut budayanya. Bahasa, persahabatan, kebiasaan makan, praktik komunikasi, kegiatan ekonomi politik, semua itu berdasarkan pola-pola budaya.

Budaya merupakan pola hidup menyeluruh. Sifatnya kompleks, abstrak dan luas. Untuk membatasinya, ada beberapa unsur sosio-budaya yang berhubungan dengan persepsi, proses verbal dan proses nonverbal

PERSEPSI adalah proses internal yang kita lakukan untuk memilih, mengevaluasi dan mengorganisasikan rangsangan dari lingkungan eksternal.

Ada tiga unsur sosio budaya yang mempunyai pengaruh yang besar atas`makna-makna yang kita bangun dalam persepsi kita. Unsur tersebut adalah :

Sistem Kepercayaan (belief), Nilai (value), Sikap (attitude).

Pandangan Dunia (world view)

Organisasi Sosial (social organization)

Sistem Kepercayaan, Nilai dan Sikap

Kepercayaan dipandang sebagai kemungkinan yang subjektif yang diyakini individu bahwa suatu objek atau peristiwa memiliki karakteristik tertentu (keyakinan subjektif/diri sendiri). Budaya memainkan peranan yang sangat penting dalam pembentukan kepercayaan.

Seperti kita menerima agama Islam sebagai agama kita, itu bergantung pada latar belakang budaya kita dan pengalaman-pengalaman kita. Dalam hal komunikasi antarbudaya, tidak ada hal yang benar atau salah sejauh hal-hal tersebut berkaitan dengan kepercayaan.

Nilai adalah aspek evaluatif dari sistem kepercayaan, nilai dan sikap. Dimensi evaluatif ini meliputi kualitas-kualitas seperti kemanfaatan, kebaikan, kemampuan memuaskan kebutuhan dan kesenangan. Nilai ini umumnya normatif dalam arti bahwa nilai-nilai tersebut menjadi rujukan seorang anggota budaya tentang apa yang baik dan apa yang buruk, yang benar dan yang salah, yang positif dan yang negatif. Nilai juga menampakkan diri dalam perilaku para anggota budaya yang dituntut oleh budaya tersebut. Misal : ………..

Kepercayaan dan nilai memberikan kontribusi bagi pengembangan dan isi sikap. Definisi sikap adalah sebagai suatu kecenderungan yang diperoleh dengan cara belajar untuk merespons suatu objek secara konsisten. Sikap itu dipelajari dalam suatu konteks budaya. Bagaimanapun lingkungan kita akan membentuk sikap kita, kesiapan kita untuk merespons dan akhirnya perilaku kita.

Pandangan dunia berkaitan dengan orientasi suatu budaya terhadap hal-hal seperti Tuhan, kemanusiaan, alam, dll. Misal : Cara memandang budaya timur dengan budaya barat. Organisasi Sosial, Keluarga meskipun merupakan oraganisasi sosial terkecil dalam suatu budaya, mempunyai pengaruh terpenting. Keluargalah yang paling berperan penting dalam mengembangkan anak, banyak pengaruhi budaya, membimbing anak dalam menggunakan bahasa,dll. Mereka akan merefleksikan aspek budaya tersebut dalam perilaku mereka dan membawanya ke dalam situasi-situasi komunikasi antarbudaya. Contoh lain : Sekolah, dll

PROSES VERBAL tidak hanya meliputi bagaimana kita berbicara dengan orang lain namun juga kegiatan internal berpikir dan pengembangan makna bagi kata-kata yang kita gunakan.

Bahasa Verbal, Bahasa dapat diartikan sebagai suatu sistem lambang terorganisasikan, disepakati secara umum dan merupakan hasil belajar yang digunakan untuk menyajikan pengalaman-pengalaman dalam suatu komunitas geografis atau budaya. Bahasa merupakan alat utama bagi orang yang berinteraksi dan juga alat untuk berfikir.

Pola-pola Berpikir, Pola berfikir suatu budaya mempengaruhi bagaimana individu-individu dalam budaya itu berkomunikasi, dan tidak dapat kita harapkan bahwa setiap individu memiliki pola pikir yang sama.

PROSES NONVERBAL ini harus dimasukkan ke dalam pesan verbal, seperti isyarat, ekspresi wajah, pandangan mata, postur tubuh, sentuhan, pakaian, waktu, dll.

Perilaku Nonverbal

Konsep Waktu

Penggunaan Ruang

ANAK-ANAK KPI A ANGKATAN 2006 PUBLISH A ANAK KPI A BLOG WWW.KPIAKU.WORDPRESS.COM CONTRIBUTED BY ABDUL ROCHMAN, ANDRI RATIH, FAHDI FAHLEVI, FITRIA RAMADHANI, RICHA MUTMAINAH, AND SOFIAWATI DESIGNER BY KHARISMA DHIMAS SYUHADA EDITED BY KINTAN PANDU JATI AND MUHAMMAD RAGIL INDRATOMO DOCUMENTATED BY AHMAD FAUZI PROMOTED BY FARUK KHALIL GIBRAN

1 Response to ""

tmn2 kpi ku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

December 2016
M T W T F S S
« Aug    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Kategori

Top Clicks

  • None

Recent Comments

Blog Stats

  • 19,453 hits
%d bloggers like this: