kpiaku.tk

Based on true tugas e-mail Mr. Beki

robota_digz@yahoo.com



-Cyber Crime-

Cyber crime merujuk pada pengertian dimana teknologi cyber digunakan untuk melakukan tindak kejahatan, dan kejahatan itu pun terjadi dalam dunia cyber. Jika kita menyetujui bahwa definisi cyber crime adalah seperti yang tadi saya tuliskan, maka kita bisa mengindentifikasikan cyber crime lebih spesifik. Masalahnya timbul pertanyaan baru, apakah cyber crime hanya merujuk pada kejahatan yang difasilitasi dan terjadi di dunia maya, bagaimana jika materi di dunia maya sebagai pemicu terjadinya kejahatan di dunia nyata?

Maka dari itu kejahatan-kejahatan didunia maya dilihat juga melalui pendekatan (i) technology-based; (ii) motivation-based; (iii) outcome-based; (iv) communication-based; dan (v) information-based. Banyak kejahatan yang menggunakan teknologi komputer tidak bisa disebut cyber crime. Pedophilia, stalking, dan pornografi bisa disebarkan dengan atau tanpa menggunakan cybertechnology. Sehingga hal-hal di atas tidak bisa disebut cybercrime, Hal-hal diatas biasanya disebut cyber-related crime. Kita juga bisa menempatkan kejahatan-kejahatan dalam beberapa kategori pendekatan yakni komputer sebagai objek kejahatan, komputer sebagai subjek dari kejahatan, dan komputer sebagai instrumen kejahatan.

Sifat dunia maya itu sendiri yang sangat bebas dengan tingkat anonimitas yang tinggi membuat pengawasan terhadap kejahatan di dunia maya sulit dilacak. Belum lagi sifat media ini yang sangat menglobal, sementara regulasi penanganannya masih bersifat parsial, dalam arti berbeda-beda disetiap wilayah negara. perbedaan peraturan ini membuat sulit dalam penanganan kejahatan lintas batas, hal ini juga mempengaruhi dalam pelaksanaan peraturan dilapangan. Belum ada ratifikasi hukum dalam tataran dunia tentang ini, pun seandainya ada, belum tentu semua negara mau meratifikasinya.

Saya rasa kembali format media itu sendiri yang menentukan, dengan formatnya yang begitu menjanjikan, menggoda setiap pelaku kejahatan dan penikmat kejahatan untuk bermain dimedia ini. Segala bentuk regulasi dan limitasi dimedia yang bebas yang menganut hukum pasar, akan sulit dilakukan. Saya analogikan segunung emas yang dipagari kayu, seluruh orang pasti berniat mengambilnya apalagi pagarnya yang hanya kayu, walaupun ditambah dengan pagar besi, tetap saja yang didalam itu begitu menarik, dan dengan cara apapun orang akan berusaha masuk, karena mereka tahu apa yang dijanjikan didalamnya.

Edukasi dan sosialisasi kiranya merupakan filter yang menurut saya efektif, walau dalam pelaksanannya belum tentu efisien dalam segi biaya dan waktu. Filter ini jauh lebih efektif karena melekat pada kesadaran subjek. Dibanding usaha-usaha limitasi dan regulasi yang tidak mungkin dilakukan dimedia yang bebas. Mengapa orang-orang menyebutnya internet, cyber, maya, etc… tentu saja karena sifatnya yang sesuai dengan namanya, yakni sifat yang interaktif, bebas, dan berbeda dengan bentuk media lama. Jika limitasi dan regulasi telah menekan media ini keluar dari sifat-sifatnya, maka kita tidak akan menemukan cyber crime karena yang ada adalah old media/first media crime.

Quote; tulisan ini baru berasal dari pendapat satu kepala dan sekedar iseng berbagi…, tidak etis rasanya dan bahkan menjadi beban moral bagi yang nulis kalau dijadikan referensi mentah-mentah (ilmunya baru dikit ni…). Mungkin anda membutuhkan second opinion, atau baratus opini pembanding lainnya agar kerjaan yang anda buat tentang artikel ini menjadi obyektif. O Y sebagai Quality Control; berpartisipasilah dengan memberikan sumbangan kritik di kolom comment buat instropeksi yang nulis,… see y..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

December 2016
M T W T F S S
« Aug    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Kategori

Top Clicks

  • None

Recent Comments

Blog Stats

  • 19,453 hits
%d bloggers like this: