kpiaku.tk

Based on true tugas e-mail Mr. Beki

robota_digz@yahoo.com


-Media Attack-


Media attack merujuk pada pemikiran Herbert Schiller; bahwa media berperan dalam memobilisasi dukungan internasional terhadap dominasi dunia yang dilakukan Amerika dan perubahan peran perusahaan-perusahaan besar setelah perang dunia ke II. Kita dapat melihat hubungan antara kebangkitan Eropa, pertumbuhan kekuatan industri Amerika, pengaruh dunia post-kapitalis terhadap kebijakan pembangunan, serta perubahan dunia yang berkembang dari kondisi yang ter-subordanasi dalam hal politik, ke kondisi kemerdekaan dalam hal politik namun dengan ketergantungan dalam hal ekonomi.


Perubahan dari kolonialis ke post-kolonialis memungkinkan terbentuknya bangunan kekuasaan yang sangat besar. Saya melihat bahwa, tidak seperti kekuasaan yang dibangun diatas darah dan besi, kekuasaan Amerika kini berbasis kepada hasil perkawinan antara ekonomi dan elektronik. Hal ini berdasar dengan praktek yang Inggris lakukan pada abad 19 yakni penguasaan perdagangan bebas. Komunikasi masa dan imperium Amerika, selalu diasosiasikan dengan sebutan-sebutan untuk merekonstruksi dan redemokratisasi praktek komunikasi masa, sebagai basis kekuatan. Kita akan melihat disini, bagaimana pendanaan penyiaran publik oleh pemerintahan telah menghasilkan lingkup perubahan.


Dapat kita lihat bagaimana serangan media lebih efektif ketimbang pengerahan kekuatan militer. Kondisi kebebasan informasi di Chile setelah kudeta, dibawah rezim sosialis yang tidak menutup arus informasi yang bebas. Banyak penonton televisi dalam jumlah besar masih menyaksikan stasiun televisi komersial yang sebagian programnya berasal dari negara berideologi non-pemerintah, seperti Amerika. Akibatnya jumlah radio banyak dipegang oleh rezim sebelum kudeta, banyak elemen anti-pemerintahan, dan jumlah koran dari organisasi pergerakan non-pemerintah meningkat. Tentu saja, paham sosialis semakin tidak diterima secara luas. Pemikiran kritis dan aksi sosial semakin meluas. Pada akhirnya arus informasi bebas berperan dalam melegitimasi dan memperkuat kemampuan dari beberapa negara dengan ekonomi mapan untuk menyalurkan perspektifnya terhadap dunia. Media dari negara super power telah menjadi begitu kuatnya.


Dalam mempertahankan prinsip nasionalisme, perubahan sosial dimasa dimana serangan media sudah begitu kuatnya, kita harus memperhitungkan untuk mempertahankan kesatuan budaya dan kearifan lokal dalam melawan dominasi jaringan media informasi dari luar. Media-media itu bekerja untuk membangun perubahan struktur media serta produksi dalam rangka mempromosikan dan mengharapkan keiktusertaan kita dalam hal populer yang mereka (barat dan khususnya Amerika) lakukan. Mengutip pendapat Schiller; bahwa tidak ada kesempatan untuk melakukan sensor, mengingat serangan media sudah begitu banyaknya dan cepatnya. Sebaiknya, ia berpendapat bahwa yang perlu dilakukan adalah menghentikan impor program-program yang mengandung pesan-pesan pendominasian yang diproduksi oleh media multinasional.


Saya melihat bahwa usaha-usaha limitasi sudah tidak berguna diera pasar bebas dan globalisasi. Keluar dari pasar bebas dan globalisasi itu mungkin cara yang radikal dalam menangkal serangan media. Namun kita sudah begitu tersambung dan ikut serta dalam globalisasi. Kita sudah harus membangun paradigma kritis dalam diri kita, saya rasa itu filter terbaik yang kita miliki. Bahwa kita bisa menjadi modern dengan cara kita sendiri (post-modern), mereka selalu membuat standar modern dalam perserspektif mereka, so what the fuck they say.

Quote; tulisan ini baru berasal dari pendapat satu kepala dan sekedar iseng berbagi…, tidak etis rasanya dan bahkan menjadi beban moral bagi yang nulis kalau dijadikan referensi mentah-mentah (ilmunya baru dikit ni…). Mungkin anda membutuhkan second opinion, atau baratus opini pembanding lainnya agar kerjaan yang anda buat tentang artikel ini menjadi obyektif. O Y sebagai Quality Control; berpartisipasilah dengan memberikan sumbangan kritik di kolom comment buat instropeksi yang nulis,… see y..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

December 2016
M T W T F S S
« Aug    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Kategori

Top Clicks

  • None

Recent Comments

Blog Stats

  • 19,453 hits
%d bloggers like this: