kpiaku.tk

Based on true tugas e-mail Mr. Beki

robota_digz@yahoo.com



-Manufacturing Consent-

Manufacturing consent merujuk pada sebuah pandangan bahwa media diibaratkan sebagai pabrik produksi dan pengemasan pesan yang bekerja menyebarkan pesan dengan tujuan agar disetujui dan diterima oleh khalayak penikmat media. Seperti yang diungkapkan oleh Noam Chomsky, media saat ini seperti perusahaan kapitalis besar yang memproduksi informasi, dimana setelah melihat informasi darinya (media) yang dibungkus dengan kemasan sedemikian rupa, akan membuat kita kehilangan rasa kritis terhadapnya. Pada akhirnya seperti yang pemilik pabrik itu harapkan, kita akan langsung mengiyakan, menyetujui, dan sejalan dengan pesan dan informasi yang disampaikan tadi.

Media massa menjadi sistem untuk mengkomunikasikan simbol pesan kepada populasi yang umum. Ini adalah fungsi mereka untuk menanamkan nilai-nilai, kepercayaan, dan kode tingkah laku yang akan memasukkan individu ke dalam struktur yang lebih besar dari masyarakat. Di pabrik besar pengemasan dan produksi pesan tadi, terdapat pihak-pihak yang memiliki kuasa atas pabrik-pabrik tadi, merekalah yang berkerja menyaring informasi dan mengizinkan informasi apa saja yang akan keluar ke masyarakat. merekalah pihak yang mengatur baik langsung ataupun tak langsung atas jalannya pabrik, produk pesan apa yang akan diproduksi, serta keberlangsungan operasional pabrik kedepan.

Pihak-pihak tadi antara lain adalah; pertama, konsentrasi kepemilikan, pemilik modal, dan orientasi keuntungan yang dominan pada perusahaan media massa. Kedua, periklanan sebagai sumber pendapatan utama dari media massa; ketiga, ketergantungan media informasi terhadap pemerintah, bisnis, dan “pakar” yang diakui didanai oleh sumber utama agen kekuasaan; keempat, opini masyarakat (flak) sebagai sarana kontrol masayarakat atas media; dan pihak yang terakhir adalah ideologi khususnya ideologi “anticommunism”. Tentu saja dengan pihak-pihak yang berkuasa dibelakang pabrik tadi, informasi apa yang akan diproduksi dan diedarkan tidak lain adalah demi kepentingan-kepentingan pihak-pihak tadi. Pesan yang diproduksi dan disampaikan adalah ideologi tentang demokrasi, ham, perdagangan bebas, serta globalisasi yang artinya telah diselewengkan. Hal itu (pesan-pesan yang disampaikan) tidak lebih sebagai alat untuk memperlancar kapitalisme, konsumerisme, dan penjajahan budaya yang dilakukan oleh pihak yang mengusai pabrik tadi.

Pabrik tadi tidak hanya memproduksi pesan saja, tetapi ia juga mereproduksi ulang pandangan-pandangan yang ada dimasyarakat; redemokratisasi, restrukturisasi, serta re..re..lainnya juga tatanan dunia baru, serta paham-paham lain yang diproduksi ulang maknanya dan dibentuk dalam makna lain sesuai kepentingan pemilik pabrik. Ketergantungan dan sentralisme informasi selama ini turut melancarkan tugas pabrik besar dalam membentuk opini publik.

Arus informasi berjalan dalam arah linear dan mengalir dari negara-negara super power ke negara-negara dunia ketiga. Kalaupun ada media yang dari dunia ketiga yang berbicara ke dunia, walaupun itu berasal dari dunia ketiga namun tidak dianggap pandangan negara itu, itu hanya pantulan dari yang disiarkan oleh pabrik media negara super power. Media telah menjadi pabrik dengan banyak orientasi yang menyertai dibelakangnya, dimana orientasi itu telah membiaskan diri media dari orientasi awalnya sebagai pengontrol kekuasaan –sebagai salah satu power yang diperhitungkan bukan sebagai power yang dimanfaatkan.

Quote; tulisan ini baru berasal dari pendapat satu kepala dan sekedar iseng berbagi…, tidak etis rasanya dan bahkan menjadi beban moral bagi yang nulis kalau dijadikan referensi mentah-mentah (ilmunya baru dikit ni…). Mungkin anda membutuhkan second opinion, atau baratus opini pembanding lainnya agar kerjaan yang anda buat tentang artikel ini menjadi obyektif. O Y sebagai Quality Control; berpartisipasilah dengan memberikan sumbangan kritik di kolom comment buat instropeksi yang nulis,… see y..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

December 2016
M T W T F S S
« Aug    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Kategori

Top Clicks

  • None

Recent Comments

Blog Stats

  • 19,453 hits
%d bloggers like this: