kpiaku.tk

Based on true tugas e-mail Mr. Beki

robota_digz@yahoo.com

-Media Hatred-

Media hatred merujuk pada kebencian-kebencian terhadap individu atau kelompok tertentu, baik berupa teks, gambar, film, atau materi-materi kebencian lainnya, yang disebarkan melalui media informasi. Kebencian-kebencian ini meluas dengan cepat dalam media-media informasi, koran, radio, televisi, dan internet, dan khusus untuk media yang terakhir disebut (internet) kebencian jauh lebih cepat lagi menyebar. Kedatangan teknologi media informasi juga membawa serta didalamnya konsekuensi yang berada dibelakang kedatangan teknologi media itu sendiri. Setelah tersedianya infrasturktur dan koneksi internet yang semakin banyak, semakin membuka lebar kesempatan orang-orang untuk masuk ke media ini.

Dengan format media ini yang begitu menjanjikan kebebasan, interaksi, serta anonimitas yang lebih, membuat orang-orang sangat tertarik untuk masuk dan terlibat didalamnya, termasuk didalamnya orang-orang yang ingin menyebar kebencian. Sumber yang tidak diketahui membuat proses pelacakan dan pemrosesan terhadap tindak ilegal sulit dilakukan. Yang bersifat penghacuran (kebohongan, kebencian, dan pemberontakan) atau isi komunikasi yang ilegal juga menjadi mudah diproduksi dan distribusikan didalam media ini.

Banyak situs-situs, forum, serta grup tentang kebencian suatu kaum mulai bermunculan. Dari Klux Klux Klan sampai Black Panther, dari agama ini ke agama itu, dari jenis kelamin pria dan wanita, kebencian-kebencian itu memiliki kepanjangan tangannya di media ini. Penggunaan e-mail semakin luas dan malah telah menjadi suatu kebiasaan, menggantikan penggunaan telepon dan fax. Mereka (para pembenci itu) menerbitkan berita-berita dan artikel tentang kebencian, dan menyebarkan berita kebencian dalam bentuk email ke inbox e-mail orang-orang dalam bentuk spam.

Internet menjadi media yang sempurna untuk menyebarkan kebencian dan teori-teori konspirasi. Media ini memiliki kapasitas untuk mengedarkan gosip dan isu tentang kebencian. Dan lewat media ini, spekulasi tentang kebencian tersebar dengan cepatnya, bagi media yang sangat demokratis ini tidak ada yang mengontrol keseimbangan dan kebenaran dari suatu berita tadi. Kasus-kasus yang diinspirasi atau lebih tepatnya disebabkan langsung-ataupun tak langsung dari media ini, sering terjadi. Hal ini dapat kita lihat dalam kasus-kasus pengeboman; contohnya pengeboman Oklahoma; dimana Sang pelaku setelah diteliti, salah satu motifnya disebabkan dari pengaruh internet. Internet berperan dalam proses penyebaran kebencian, baik dalam penyebaran kebencian itu sendiri, perekrutan anggota, serta resep dalam melakukan sabotase, tersedia dengan bebas di situs-situs kebencian tersebut.

Internet telah menjadi suatu kendaraan baru yang cepat lagi efektif dalam mengantarkan kebencian ke orang-orang diseluruh dunia. Dengan media yang sangat bebas, adanya kelompok teror, adanya resep untuk melakukan teror, dan materi kebencian lainnya yang diposting ke internet, membuat kebencian makin mungkin tersebar dan terwujudkan dalam bentuk aksi-aksi teror. Make love not war..

Quote; tulisan ini baru berasal dari pendapat satu kepala dan sekedar iseng berbagi…, tidak etis rasanya dan bahkan menjadi beban moral bagi yang nulis kalau dijadikan referensi mentah-mentah (ilmunya baru dikit ni…). Mungkin anda membutuhkan second opinion, atau baratus opini pembanding lainnya agar kerjaan yang anda buat tentang artikel ini menjadi obyektif. O Y sebagai Quality Control; berpartisipasilah dengan memberikan sumbangan kritik di kolom comment buat instropeksi yang nulis,… see y..

1 Response to ""

Assalamualaikum Warhmullahi Wabarakatuh

Salam kenal dari saya di http://oyonk.com

Perkenankanlah saya untuk memperkenalkan blog saya yang baru yang sampai sekarang masih sepi pengunjung.

Saya sangat berharap melalui blog ini bias mendapatkan sedikit limpahan pengunjung yang tertairk dengan artikel-artikel islam yang ditulis oleh seorang pengamat sosial keagamaan Sumatera Barat ( Martias Oyonk )

Demikian. Saya sampaikan terimakasih sebelumnya
Semoga menjadi ibadah dan amal saleh bagi pengelola.
Amin

Wassalam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

December 2016
M T W T F S S
« Aug    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Kategori

Top Clicks

  • None

Recent Comments

Blog Stats

  • 19,453 hits
%d bloggers like this: