kpiaku.tk

Artikel lainnya

Artikel Tentang Perkembangan Teknologi Media Komunikasi

Torsten Veblen; Technological Determinism Jean Baudrillard; Hyper Reality & Efek Simulacra Marshal McLuhan: Global Village & The Media Is The Massage Raymond Williams; Cultural Materialism Introduction – A Second Media Age

Cara mengirim Artikel mu

Ingin berbagi ilmu……? Artikel mu bisa mejeng disini dan diliat banyak orang..? gimana caranya..? untuk tau jawabannya klik disini

Raymond Williams; Cultural Materialism

Cultural materialism merujuk pada pendekatan secara teoritis terhadap faktor-faktor yang bermain dalam perubahan budaya (culture). Raymond William menggunakan kata cultural materialism untuk studinya terhadap komponen yang berpengaruh pada perubahan kultur, dimana dalam proses sejarah; kebutuhan sosial, ekonomi, politik, dan tekanan pemerintahan, memainkan peran yang penting terhadap penggunaan dan kuasa atas media.

Kritiknya terhadap McLuhan dimana semua media bebas dari nilai sosial, ia mengatakan bahwa kebutuhan sosial dan pengaruh politik sebagai faktor yang terlibat dalam pengembangan teknologi. Faktor-faktor kebutuhan sosial, ekonomi, politik, dan tekanan pemerintahan, mempengeruhi penerapan sebuah teknologi.

Peran dari kebutuhan sosial terlihat Seperti halnya saat pasca Perang Dunia I; populasi yang lebih mobile, dan meningkatnya tekanan dalam keluarga; sehingga adanya kebutuhan akan media yang lebih lagi. Dan untuk memenuhi kebutuhan akan sebuah media komunikasi digunakanlah teknologi radio, dan telegram.

Tekanan lain yang mempengaruhi pengembangan teknologi adalah ekonomi dan politik. Perubahan dari radio ke media penyiaran masal tidak lepas dari 2 faktor tadi. Pabrik mendapatkan untung atas penggunaan media tadi, lalu dukungan dari pemerintah melalui kebijakannya melengkapi proses trasformasi tadi.

Kritik Williams lainnya terhadap McLuhan berkaitan tentang medium is the massage bahwa ada idiologi serta mainset yang menyebabkan kita berpikir begitu. Konsep lainnya yang ditentang adalah tentang global village. Desa yang digambarkan oleh McLuhan itu tidak lain memiliki tuan serta penguasa yang berkuasa atas desa tadi; yakni faktor-faktor kultural diatas.

Mengapa sebagian penemuan sukses dan sebagian lainnya tidak? Mengapa beberapa penemu menciptakan penemuan secara berkelanjutan padahal tidak ada hubungan antara satu penemu dengan penemu lainnya? jawabannya adalah karena ada kebutuhan sosial, dan setiap penemu dari rentang waktu apapun akan menjawabnya dengan melakukan penemuan.

Karakteristik dari masyarakat berperan besar dalam menentukan teknologi mana yang akan diadopsi, diterapkan, serta dikontrol. Menurutnya Perusahaan multinasional memegang kekuasaan dalam pengem-bangan teknologi dewasa ini. Dengan menggarisbawahi kebutuhan sosial, dan politik, dalam menggunakan teknologi, kita menggunakan teknologi demi kebaikan manusia dan lingkungannya.

Oleh | kharisma DHIMAS syuhada

106051001763 | KPI V A

ANAK-ANAK KPI A ANGKATAN 2006 PUBLISH A ANAK KPI A BLOG WWW.KPIAKU.WORDPRESS.COM CONTRIBUTED BY ABDUL ROCHMAN, ANDRI RATIH, FAHDI FAHLEVI, FITRIA RAMADHANI, RICHA MUTMAINAH, AND SOFIAWATI DESIGNER BY KHARISMA DHIMAS SYUHADA EDITED BY KINTAN PANDU JATI AND MUHAMMAD RAGIL INDRATOMO DOCUMENTATED BY AHMAD FAUZI PROMOTED BY FARUK KHALIL GIBRAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

December 2016
M T W T F S S
« Aug    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Kategori

Top Clicks

  • None

Recent Comments

Blog Stats

  • 19,453 hits
%d bloggers like this: